Minggu, 01 November 2009

Substitusi Spuyer

Substitusi Spuyer

2621karbu-vario-gt-1.jpgBanyak alternatif pengganti spuyer karburator Honda Vario. Artinya, pengeber skubek Agnes Monica ini nggak perlu pusing jika mau ganti spuyer ukuran lebih gede.

Cek deh perbandingan spuyer karbu Keihin VK22 milik Vario. Ukurannya 35 untuk slow-jet alias pilot-jet dan 102 untuk main-jet.

Coba bandingkan dengan spuyer karbu Suzuki Satria F-150 dan Honda Tiger. “Main-jet bisa saling tukar dari Satria F-150 dan Honda Tiger,” jelas Johny Holle, mekanik dan pemilik bengkel spesialis Honda Tiger dan Honda Vario di Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat.2622karbu-vario-gt-2.jpg

Pilihan main-jet bisa menggunakan ukuran 110 punya Satria F-150 dan Tiger yang ukurannya 120 atau 122,5. Kalau lihat ukurannya sih, memang jauh lebih tinggi dari punya Satria F-150 dan Tiger. Artinya, debit bensin ke ruang bakar untuk putaran atas jauh lebih banyak dengan main-jet Satria F dan Tiger.

Cocok banget kalau ada pemilik Vario yang rute jalan rayanya minim kemacetan dan panjang. “Masangnya juga gampang. Enggak perlu ada yang dirojok atau diampelas. Tapi, bensin memang jadi sedikit rada boros,” jelas Johny yang sudah sukses menggarap beberapa Vario bore up.

Pilihan lain untuk pilot-jet bisa pakai dari karbu kepunyaan Honda Karisma dan Honda CBR150. Karisma dan CBR150 punya ukuran pilot-jet 38. Ini bisa menambah suplai bahan bakar ke ruang bakar.

Artinya, tenaga yang dihasilkan sedikit bertambah di putaran bawah. Pas buat Vario yang langganan melibas lalu lintas padat atau mace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar